2 Orang di Indonesia Positif Corona, Sufmi Dasco Ahmad Yakin Kemenkes Tak akan Tutupi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan dua orang di Indonesia dinyatakan positif terjangkit virus corona, Senin (2/3/2020). Dua orang yang merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) tersebut terjangkit Covid 19 setelah sempat melakukan kontak dengan warga negara Jepang yang datang ke Indonesia. Mereka merupakan seorang ibu berusia 64 tahun dan putrinya yang berusia 31 tahun.

Berdasarkan informasi yang didapat, warga Jepang itu positif corona setelah meninggalkan Indonesia dan kemudian tiba di Malaysia. "Dicek dan tadi pagi saya dapat laporan dari Pak Menkes bahwa ibu ini dan putrinya positif corona," ungkap Jokowi. Meski begitu, Jokowi tak mengungkapkan keberadaan ibu dan anak tersebut saat ini.

Jokowi hanya memastikan keduanya berada di Indonesia dan sudah ditangani di rumah sakit. "Di indonesia. Sudah di rumah sakit," tandasnya. Terkait hal ini, Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad, meminta pemerintah untuk membentuk pusat krisis virus corona.

"Saya pikir, melihat situasi di luar semakin maraknya virus corona, mungkin bagusnya menteri PMK mengambil alih." "Kemudian lintas kementerian untuk mengorganisir membentuk crisis center untuk corona," kata Dasco saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, dilansir . Ia menyebutkan, pembentukan pusat krisis dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid 19.

Juga sebagai bentuk tanggung jawab pemerintah terhadap masyarakat, bukan untuk membuat panik. Lebih lanjut, Dasco yakin pemerintah, dalam hal ini Kemenkes, tidak akan menutupi jika ada warga terdampak virus corona. "Komunikasi kami dengan Kementerian kesehatan kemudian Kementerian yang terkait."

"Saya pikir tidak ada maksud menutup nutupi atau upaya menutup nutupi terdampak virus corona ini," bebernya. Diketahui, komisi komisi di DPR telah sepakat untuk membentuk panitia kerja (panja). Panja dibentuk untuk memastikan adanya kajian ketahanan nasional terkait penanggulangan virus corona.

Hingga Senin siang pukul 11.51 WIB, total kasus virus corona secara keseluruhan mencapai angka 88.983. Mengutip , 3.030 orang dinyatakan meninggal akibat Covid 19 ini. Sementara 45.028 lainnya sembuh.

Saat ini, sudah 67 negara terinfeksi virus yang berasal dari Wuhan tersebut. Menurut , berikut ini cara cara mencegah terjangkit virus corona: 1. Hindari mengonsumsi daging dan telur mentah.

2. Hindari area berasap atau merokok. 3. Minum obat segera setelah gejalanya muncul dan jangan biarkan kondisinya menjadi parah. 4. Rajin mencuci tangan setelah bersin atau batuk.

5. Tutup mulut saat batuk atau bersin menggunakan tisu atau siku. 6. Jika Anda yakin telah terinfeksi, hindari kontak dekat dengan orang orang. 7. Harus memiliki waktu istirahat yang tepat.

8. Menjauhi area area keramaian. 9. Bersihkan tangan menggunakan sabun dan air atau hand rub yang mengandung alkohol. 10. Jika memasak daging untuk dikonsumsi, sebaiknya Anda memperhatikan tingkat kematangan daging dengan baik.

11. Menggunakan perlindungan atau pengaman tubuh ketika akan melakukan kontak dengan binatang liar atau binatang peliharaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *