5 Fakta Unik Bumi, di Antaranya Tanah di Pulau Kimolos yang Mengandung Sabun

Berdasarkan sebuah penelitian sejarah yang cukup panjang, ada lima faktaunikbumi yang wajib kamu ketahui. Lima fakta unik bumi ini akan memberikan kamu pemahaman tentang dunia yang kamu tinggali sekarang ini. Akan disajikan rangkuman mengenai bagaimana keadaan lapisan ozon di bumi, hingga sebuah fakta mengejutkan tentang tanah yang mengandung sabun.

Simak yuk, fakta unik bumi berikut ini. Penelitian telah menunjukkan perbandingan pada 2015 dan 2000, lubang ozon di atas Antartika telah menyusut hingga 4 juta km persegi dan akan terus menyusut lagi. Protokol Montreal menghapuskan perjanjian Internasional, yang menyatakan bahwa produksi senyawa buatan manusia yang menyebabkan perusakan ozon stratosfer.

129 Derajat Fahrenheit adalah suhu terendah yang pernah bumi catatkan dalam sejarah. Saat itu adalah hari musim panas yang cukup dingin pada 23 Juli 1983 di Vostok Station di Antartika. Kimolos , sebuah pulau Yunani di Laut Aegea hanya 20,6 mil persegi dan memiliki fakta yang sangat menarik.

Saat hujan, pulau ini ditutupi dengan busa sabun. Hal ini disebabkan oleh tanah di Kimolos terdiri dari sabun tanah liat. Sabun alami ini juga digunakan oleh penduduk setempat sebagai penganti sabun biasa.

Studi terbaru menunjukkan bahwa telah kehilangan 3 triliun ton es dalam 25 tahun. Baru baru ini pada 2017, gunung es Larsen S juga pecah dari Antartika. Beratnya lebih dari 1 triliun ton dan itu setengah ukuran Jamaika.

Sekitar 300 juta tahun yang lalu, hampir seluruh daratan Bumi adalah satu benua tunggal Pangea . Kemudian pada periode Jurassic, Pangea terpecah menjadi dua benua, dan kemudian terpecah lagi menjadi beberapa benua. Hingga sekarang terdapat beberapa benua seperti, Afrika, Amerika Selatan, Antartika, India, Australia, dan lainnya.

Menurut para ilmuwan, dalam 250 juta tahun nanti, benua benua akan bergabung menjadi benua super baru, yakni Pangea Baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *