6 Cara Efektif untuk Mempercepat Haid dengan Aman

Tubuh wanita akan mengalami siklus datang bulan atau haid secara berkala. Rutinitas bulanan ini biasanya akan datang di tanggal-tanggal yang konsisten. Namun, pada sebagian orang waktu haidnya tidak teratur dan lebih sering terlambat. Jika hal ini terjadi maka dibutuhkan cara cepat haid yang aman sehingga siklus bulanan ini bisa tetap berjalan normal.

Mempercepat Haid

Masalah telat datang bulan ini sebenarnya memang bisa sangat mengganggu. Biasanya keterlambatan ini akan menyebabkan tubuh jadi tidak nyaman dan muncul gejala-gejala lain. Berikut adalah 6 cara efektif mempercepat haid dengan aman agar siklus menstruasi kembali normal:

1. Gunakan Kontrasepsi Hormonal

Cara pertama, Anda bisa memakai kontrasepsi hormonal untuk membantu mengubah siklus menstruasi. Salah satu kontrasepsi hormonal yang bisa dipakai adalah pil kontrasepsi. Biasanya jenis pil ini dikonsumsi oleh wanita yang sudah menikah untuk mencegah kehamilan. Namun, ternyata pil kontrasepsi juga punya manfaat lebih dari itu.

Pil ini merupakan gabungan dari progestin dan estrogen. Cara pakainya, Anda bisa mengonsumsi pil ini selama 21 hari. Setelah itu hentikan konsumsi pil kontrasepsi tersebut dan ganti dengan pil plasebo selama 7 hari. Dalam waktu 7 hari setelah itu, Anda akan mengalami menstruasi.

2. Olahraga Rutin

Penting sekali bagi kaum wanita untuk melakukan olahraga secara rutin. Tak hanya menyehatkan tubuh, olahraga juga bisa membantu mempercepat munculnya haid. Olahraga akan membuat tubuh dan otot jadi lebih rileks. Kondisi ini ternyata cukup efektif untuk mempercepat munculnya haid. Pilih jenis olahraga yang ringan dan sekiranya bisa dijalankan secara konsisten.

Olahraga ringan bisa melenturkan otot dan membantu supaya haid datang sedikit lebih cepat. Tetapi, sebagian orang alami jadwal haid yang tidak teratur karena kegiatan olahraga yang terlampau padat.

Karena itu, Anda dianjurkan untuk olahraga dengan jumlah yang sedang saja, untuk membantu kembalikan hormon yang diperlukan supaya haid kembali lancar.

Endorfin yang dilepaskan sepanjang olahraga bisa menurunkan depresi dan turunkan tingkat estrogen. Kedua ini benar-benar bagus untuk memperlancar haid Anda. Tetapi ingat, bila Anda kebanyakan olahraga, Anda bisa beresiko turunkan kandungan estrogen terlalu banyak dan mengakibatkan amenore, atau mungkin tidak ada haid.

Alasannya karena, badan bisa mendefinisikan semua aktivitas olahraga yang terlalu berlebih itu sebagai depresi. Maka dari ituĀ membuat haid Anda telat. Oleh karena itu, Anda harus jaga supaya olahraga yang Anda jalani masih juga dalam tahapan moderat.

3. Jaga Pola Makan

Bagi Anda yang sering terlambat haid, coba evaluasi kembali pola makan yang diterapkan sehari-hari. Cara cepat haid dalam kondisi seperti ini adalah menjaga pola makan agar tetap seimbang dan sehat. Pola makan yang sehat akan membantu menyeimbangkan hormon dan metabolisme. Hindari konsumsi junk food dan perbanyak makan sayur atau buah.

4. Lakukan Hubungan Seksual

Khusus bagi wanita yang sudah menikah, Anda bisa mempercepat haid dengan berhubungan seksual. Saat melakukan hubungan seksual dan mengalami orgasme, maka leher rahim akan melebar. Kondisi ini ternyata akan menarik darah haid agar cepat turun. Dengan begitu menstruasi akan tiba lebih awal dan cara ini sudah terbukti efektif pada sebagian besar wanita.

Sex teratur dapat kurangi dampak depresi dan menolong tingkatkan kesetimbangan hormon yang sehat. Sepanjang hubungan seks, stimulan vagina mengakibatkan saluran darah panggul ke arah kepala. Hormon yang dibuat dan dilepaskan saat berhubungan seksual dapat berperan sebagai langkah memperlancar haid.

Oksitosin bukan salah satu zat kimia yang dilepaskan saat berhubungan seksual. Oksitosin yang digabungkan dengan adrenalin dan dopamin semua dilepaskan saat berhubungan seksualĀ dan bisa berperanan dalam memperlancar haid.

5. Hindari Aktivitas Fisik yang Berat

Terlambat menstruasi juga bisa dipicu oleh kelelahan. Jika tubuh Anda terlalu sering melakukan aktivitas fisik yang berat lalu merasa lelah, maka metabolisme dan keseimbangan tubuh bisa terganggu. Oleh sebab itu, cobalah untuk menghindari aktivitas fisik yang berat. Fokuslah untuk menjaga kesehatan tubuh dan merelaksasikan otot tubuh Anda sehingga menstruasi lebih cepat datang,

6. Hindari Stres

Stres juga bisa memicu keterlambatan haid. Wanita yang sering stres biasanya juga akan mengalami masalah ketidakseimbangan hormon. Oleh sebab itu salah satu cara cepat haid yang direkomendasikan adalah manajemen stres. Lakukan meditasi atau relaksasi untuk melepaskan stres yang Anda rasakan. Saat tubuh terbebas dari stres maka hormon bisa lebih seimbang dan haid datang lebih cepat.

Cobalah untuk memahami kondisi tubuh Anda dengan sebaik mungkin. Jika memang jadwal haid tidak datang secara teratur maka lakukan usaha-usaha yang tepat untuk membuatnya kembali teratur. Konsultasikan pada dokter apabila siklus menstruasi Anda benar-benar kacau dan mengganggu keseimbangan metabolisme tubuh. Jika memang perlu konsumsi obat, maka lakukan sesuai arahan dokter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.