8 Cara Memutihkan Gigi Dengan Bahan Alami yang Ada Di Sekitar Kita

Gigi yang kuning seringkali menurunkan rasa percaya diri seseorang. Apalagi saat tertawa atau berbicara dengan orang lain. Ini dianggap dapat menurunkan penampilan diri. Karena itu, banyak orang yang berusaha untuk memperbaiki hal ini dengan segala cara, baik melakukan perawatan ke dokter yang membutuhkan biaya yang besar. Padahal ada cara memutihkan gigi secara alami yang dipraktekan dengan mudah.

 

Ada banyak bahan di sekitar kita yang dapat digunakan sebagai cara memutihkan gigi dengan cara sederhana dan bahan yang tidak mahal.

 

Berikut, beberapa bahan yang bisa digunakan untuk memutihkan gigi dengan bahan-bahan alami yang ada di rumah Anda.

1. Daun salam

Siapa yang menyangka bahan yang biasa digunakan untuk memasak ini ternyata dapat memutihkan gigi. Caranya sangat gampang. Anda tinggal merebus beberapa helai daun salam dan airnya dapat digunakan untuk berkumur-kumur, serta memberikan sedikit penekanan pada gigi Anda.

2. Jeruk nipis

Jeruk nipis memiliki kandungan yang dapat melunturkan kekuningan pada gigi. Kandungan antibakterial-nya juga mampu membunuh kuman-kuman yang ada di mulut. 

Anda dapat langsung menggosokan jeruk nipis ke gigi Anda selama beberapa saat. Bisa juga Anda memeras jeruk nipis dan mencampurkan ke dalam segelas air, lalu berkumur-kumur dengannya.

3. Strawberry

Buah yang memiliki perpaduan rasa asam dan manis ini memang dipercaya memiliki banyak khasiat. Termasuk juga untuk memutihkan gigi secara alami. Anda bisa menggosok-gosokan bagian luar dari buah ini ke gigi-gigi Anda secara teratur setiap hari. Kandungan yang ada di dalam buah ini dipercaya mampu mengangkat noda-noda yang terdapat pada gigi.

4. Baking soda

Bahan yang biasa digunakan untuk kue ini, juga dipercaya mampu untuk memutihkan gigi. Kemampuannya telah diakui, mampu mengangkat noda-noda kekuningan pada gigi.

Caranya adalah dengan mengambil secukupnya baking soda lalu menggosok-gosokannya ke gigi. Diamkan selama beberapa saat atau sekitar lima menit. Kemudian berkumurlah hingga bersih. Lakukan setiap hari untuk mendapatkan hasil gigi putih dengan cepat.

5. Kulit pisang

Setelah memakan pisang, jangan langsung membuang kulitnya.

Berdasarkan penelitian, di dalam kulit pisang terkandung senyawa potasium, magnesium dan mangan yang tinggi. Dipercaya mampu melunturkan noda yang menempel pada gigi. Anda cukup menggosokan kulit pisang ke seluruh gigi secara merata. Diamkan sekitar 10 menit akan kandungannya bekerja dengan maksimal. Setelah itu, sikat gigi Anda untuk membersihkan sisa-sisa kulit pisang yang masih tersisa.

6. Cuka apel

Cuka apel dianggap memiliki banyak manfaat yang mengagumkan. Termasuk untuk membuat gigi putih dan membunuh bakteri mulut. 

Caranya adalah celupkan sikat gigi ke cuka apel dan gosokan pada gigi seperti biasa. Setelah itu, gosok gigi Anda dengan pasta gigi lagi. Disarankan untuk tidak memilih pasta gigi yang tidak mengandung fluoride.

7. Garam

Garam mengandung natrium klorida, iodium, fluor dan fosfor yang sangat baik memutihkan gigi dan menjaga kesehatan mulut. Anda bisa menggunakan garam yang dicampur dengan pasta gigi dan menyikat gigi Anda seperti biasa. Selain itu, Anda juga bisa mencampurkan garam dengan bahan lain, seperti jeruk nipis dan baking soda.

Lakukan sehari dua kali untuk mendapatkan hasil yang cepat.

8. Daun sirih

Daun sirih dipercaya sudah ratusan tahun oleh nenek moyang kita sebagai cara memutihkan gigi dan menguatkan gigi. Ambilah satu atau dua helai daun sirih dan gosok secara merata ke seluruh gigi.

 

Demikian cara memutihkan gigi secara alami yang bisa Anda lakukan di rumah dan dengan bahan yang sederhana. Untuk merawat keputihan gigi, sebaiknya hindari makanan atau minuman yang berwarna pekat. Jangan lupa untuk selalu menggosok gigi pagi dan malam hari secara teratur. Hentikan kebiasaan merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol jika tetap menginginkan gigi putih selamanya. Semoga bermanfaat.