Arti Rapid Test Corona dan Cara Kerja, Tidak Mengambil Cairan Tenggorokan

Rapid testmenjadi perbincangan hangat belakangan ini sejalan dengan desakan publik kepada Pemerintah Indonesia cepat menangani wabah virus corona atau Covid 19. Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengatakan, Pemerintah tak berdiam diri saja, pihaknya berupaya melakukan rapid test hingga mendatangkan obat. Tindakan melakukan rapid test terhadap seluruh warga atau yang mengalami gejala pun mulai dilakukan sebagai langkah mencegah penyebaran virus.

Rapid test atau tes cepat virus corona ( Covid 19) sudah mulai dilakukan kemarin Jumat (20/3/2020). Tes tersebut dilakukan terhadap sejumlah warga di Jakarta Selatan yang diduga terinfeksi virus corona karena melakukan kontak dengan pasien positif Covid 19. "Rapid test sudah dilakukan sore hari ini di wilayah yang dulu sudah diketahui ada kontak tracing pasien positif dan didatangkan dari rumah ke rumah," kata Presiden Jokowi lewat siaran live streaming di akun YouTube Sekretariat Presiden, Jumat.

Lalu apa arti rapid test dan bagaimana cara kerjanya? Menyebut, rapid test merupakan tes sederhana dan cepat. Artinya tes cepat yang dirancang dimana hasil tes penyaringan awal diperlukan dan sangat berguna di negara terbatas sumber daya.

Tes ini berkualitas tinggi, mudah digunakandalam kondisi kurangnya sumber daya. Pengujian didasarkan pada teknik aglutinasi, immuno dot, immuno chromatographic, dan/atau immuno filtration. Hasilnya cepat dan mudah dilakukan, sekitar 10 menit hingga 2 jam dan hanya membutuhkan sedikit peralatan tambahan.

Rapid test dirancang untuk digunakan pada sampel individu atau terbatas, yang membuatnya lebih ekonomis. Hasilnya dimungkinkan disimpan di suhu normal ruangan dalam waktu yang lama. Hasil pada hari yang sama memberikan intervensi perawatan yang tepat waktu.

Dikutip dari , rapid test paling sering menggunakan format dipstick atau kaset, dan memberikan hasil dalam waktu tak lebih dari 30 menit. Sampel darah yang dikumpulkan dari pasien diaplikasikan pada bantalan sampel pada kartu tes dengan reagen tertentu. Rapid test yang saat ini disetujui untuk digunakan di dunia, seperti wilayah endemis malaria untuk mendeteksi 2 jenis antigen malaria; satu khusus untuk P. falciparum dan lainnya ditemukan pada keempat spesies manusia malaria.

Setelah 15 hingga 20 menit (tergantung pada tes), keberadaan pita khusus di bagian kartu tes menunjukkan apakah pasien terinfeksi virus atau tidak. Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid 19, Achmad Yurianto, menjelaskan rapid test adalah mekanisme pemeriksaan spesimen pasien terduga Covid 19 bukan menggunakan metode swab tenggorokan (mengambil cairan di tenggorokan), melainkan dengan sampel darah. Metode ini disebut memiliki keunggulan.

Satu diantaranya, tidak membutuhkan sarana prasarana pemeriksaan laboratorium pada bio security level II. "Artinya tes ini bisa dilaksanakan di hampir seluruh RS di Indonesia," kata Yuri, dikutip dari . Hasil dari metode ini juga cepat diketahui.

Jumlah pasien positif virus corona di Indonesia per Jumat (20/3/2020), bertambah. Kini, kasus pasien yang positif virus corona di Indonesia mencapai 369 kasus. Dari jumlah tersebut, sebanyak 320 pasien tengah menjalani perawatan di rumah sakit.

Juru bicara pemerintah untuk Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto mengatakan, ada 60 kasus tambahan baru per Jumat hari ini. Pun dengan jumlah pasien yang meninggal. Jumlah pasien corona yang meninggal bertambah menjadi 32 korban atau tambah 7 pasien dari data Kamis (19/3/2020) kemarin.

Sementara pasien yang dinyatakan sembuh kini menjadi 17 orang. Terkonfirmasi: 215 Sembuh: 14

Meninggal: 18 Terkonfirmasi: 41 Sembuh: 1

Meninggal: 7 Terkonfirmasi: 37 Sembuh: 1

Meninggal: 1 Terkonfirmasi: 15 Sembuh: 1

Meninggal: 1 Terkonfirmasi: 12 Sembuh: 0

Meninggal: 3 Terkonfirmasi: 10 Sembuh: 0

Meninggal: 0 Terkonfirmasi: 4 Sembuh: 0

Meninggal: 1 Terkonfirmasi: 4 Sembuh: 0

Meninggal: 0 Terkonfirmasi: 4 Sembuh: 0

Meninggal: 0 Terkonfirmasi: 3 Sembuh: 0

Meninggal: 0 Terkonfirmasi: 2 Sembuh: 0

Meninggal: 0 Terkonfirmasi: 2 Sembuh: 0

Meninggal: 1 Terkonfirmasi: 2 Sembuh: 0

Meninggal: 0 Terkonfirmasi: 2 Sembuh: 0

Meninggal: 0 Terkonfirmasi: 1 Sembuh: 0

Meninggal: 0 Terkonfirmasi: 1 Sembuh: 0

Meninggal: 0 Terkonfirmasi: 1 Sembuh: 0

Meninggal: 0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *