Home » Techno » Bantuan Kuota Gratis Jawab Keluhan penting Orangtua dalam Belajar Daring

Bantuan Kuota Gratis Jawab Keluhan penting Orangtua dalam Belajar Daring

Salah satu keluhan orangtua dalam aktivitas Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di masa pandemi Covid 19 adalah borosnya biaya kuota internet yang dikeluarkan. Tak dapat dipungkiri, kuota internet adalah kebutuhan utama pelajar untuk melaksanakan pembelajaran daring. Hambatan inilah yang akhirnya diakomodasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui kerja sama dengan operator seluler, yakni dengan mengeluarkan kebijakan bantuan kuota gratis untuk pelajar dan pengajar di seluruh Indonesia, terhitung mulai September 2020. Melansir Kompas.com, Mendikbud Nadiem Makarim mengapresiasi para operator seluler yang telah bekerja sama dengan pemerintah dengan memberikan program bantuan kuota gratis. Sehingga, kini orangtua tak perlu lagi menghamburkan dana ekstra untuk kuota internet sang anak.

Salah satu operator seluler yang berkomitmen mendukung kebijakan bantuan kuota gratis dari pemerintah adalah Indosat Ooredoo. Pada setiap bulannya, pengguna IM3 Ooredoo yang sudah mendaftarkan nomor ponselnya ke sekolah dapat memanfaatkan bantuan kuota internet. Peserta didik pengguna IM3 Ooredoo akan mendapatkan bantuan kuota internet yang bervariasi sesuai jenjang pendidikan. Tingkat PAUD akan mendapatkan total kuota 20 GB yang terdiri dari kuota 5GB untuk akses ke semua, dan kuota belajar 15GB yang bisa dipakai untuk mengakses aplikasi dan situs belajar daring.

Sedangkan untuk pelajar jenjang SD, SMP, dan SMA memperoleh total kuota 35GB, 5GB untuk akses ke semua dan 30GB untuk kuota belajar. Untuk jenjang mahasiswa, kuota yang diberikan sebanyak 50GB yang terdiri dari 5GB untuk akses ke semua, dan 45GB untuk kuota belajar. Kuota belajar yang dimaksud adalah untuk mengakses beragam aplikasi belajar online populer, seperti Zenius, Ruangguru, Quipper, Rumah Belajar, Google Classroom, dan lain lain. Tak hanya itu, pelajar juga dapat mengakses ke lebih dari 300 portal universitas di Indonesia. Kuota belajar ini dapat digunakan selama 24 jam. IM3 Ooredoo juga menyediakan paket pintar bagi untuk mendapatkan kuota belajar lebih banyak melalui paket IMClass. Kini, pelajar bisa mendapatkan kuota 30GB hanya dengan Rp 1 dan bisa digunakan untuk mengakses platform belajar online populer dan portal edukasi universitas.

Paket IMClass dapat dinikmati kapan saja, dimana saja dengan masa aktif 30 hari. Dapatkan dengan mudah hanya melalui aplikasi myIM3. Bagi pelajar yang ingin mendapatkan subsidi kuota internet gratis mengubah data nomor ponselnya menjadi nomor IM3 Ooredoo bisa dilakukan melalui admin sekolah atau perguruan tinggi masing masing. Bantuan kuota data bisa didapatkan pada bulan berikutnya, yakni periode Oktober 2020 hingga Desember 2020. Sedangkan untuk pengguna yang telah menggunakan IM3 Ooredoo tidak perlu mengganti kartu untuk mendapat bantuan kuota belajar ini.

Tak hanya dapat meringankan beban pengeluaran orangtua dalam membeli kuota internet, IM3 Ooredoo juga memberikan kuota gratis untuk guru sebesar 42GB, yang terdiri dari 5GB untuk akses ke semua dan kuota belajar 37GB. Selain itu, dosen juga mendapat bantuan kuota data 50GB, dengan 5GB akses ke semua dan kuota belajar 45GB. Sama seperti yang didapatkan pelajar, tenaga pendidik juga dapat menikmati paket pintar melalui paket IMClass. Informasi lebih lanjut melalui bantuan kuota data internet dan paket IMClass Rp 1, kunjungi , aplikasi myIM3, atau tekan *123*075# untuk cek kuota belajar.

About

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *