Jangan Mengucek Mata untuk Cegah Penularan Virus Corona

Menjaga kesehatan mata termasuk hal yang juga penting dilakukan di tengah wabah virus corona (covid 19). Sebab,terdapat cairan mukosa yang bisa jadi media penularan viruscorona. Maka disarankanjangan mengucek mata karena ada kemungkinan tangan dalam kondisi tidak steril.

Ada tiga tips yang dibagikan dokter spesialis mata dari Jakarta Eye Center yakni dr. Valenchia Sp.M dan dr. Ferdiriva Hamzah, Sp.M agat mata tetap sehat selama pandemi ini. Jaga kebersihan mata dan sekitar mata. Hindari mengucek mata terlebih setelah memegang benda benda di ruang publik. Dokter mengingatkan agar tetap mencuci tangan terlebih dulu jika ada gatal di bagian sekitar mata.

"Kucek kucek sangat enggak disarankan. Jadi memang gak boleh abis pegang fasilitas umum seperti pintu mobil gitu langsung kucek mata," kata dr. Valen saat live di instagran JEC, Kamis (30/4/2020). Adalah tetap istirahatkan mata di tengah padatnya kegiatan yang dilakukan kebanyakan secara online selama di rumah aja. "Yang penting istirahat mata, kita abis lihat gadget istirahat, bukan istirahatnya abis nonton drama korea lihat instagram. Jadi setelah 20 menit lihat layar 20 detik lihat jauh sampai enam meter," ucap dr. Ferdiriva.

Adalah segera konsultasi ke dokter kalau mata sakit yang sudah tidak tertahan misal mata merah, sakit saat berkedip, atau luka trauma misalnya karena kepukul. Bisa dengan konsultasi dulu secara online ke dokter dan jika dirujuk ke rumah sakit segera ke rumah sakit untuk mendapat perawatan lebih lanjut. "Kita harus cari pertolongan ke rumah sakit atau klinik mata ketika merah atau buram mendadak atau sampa sakit tidak terhankan dan trauma kena pukul," pungkas dr. Ferdiriva.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *