Permainan Tradisional yang Kembali Ngetren Selama Pandemi Covid-19 Layangan

Setelah sekian waktu harus beraktivitas di rumah karena pandemi covid 19, memasuki era new normal banyak masyarakat yang mulai mengisi waktu dengan melakukan beragam kegiatan menyenangkan. Salah satunya dengan bermain layang layang. Belakangan ini, saat siang hingga menjelang sore hari, langit langit di berbagai daerah kerap dihiasi dengan beragam kreasi bentuk dari layangan.

Ada yang berbentuk biasa, karakter kartun, bahkan ada yang mengkreasikannya menjadi hantu Indonesia. Sebut saja kuntilanak dan pocong. Mengutip dari Kompas.com , staf Museum Layang Layang, Asep Irawan mengatakan bahwa pada dasarnya ada beberapa jenis layang layang, yaitu ada yang tradisional, kreasi, dan untuk olahraga.

Selain itu, berdasarkan bentuknya, terdapat dua bentuk layang layang yaitu bentuk dua dimensi yang memiliki rangka datar, dan layang layang berbentuk tiga dimensi yang memiliki rangka sesuai dengan bentuk kreasi yang ingin ditampilkan. Layang layang menjadi permainan yang kerap dimainkan di masa liburan sekolah oleh anak anak. Namun, seiring berkembangnya permainan daring atau game onlin e, layang layang pun sempat mulai ditinggalkan.

Meski demikian, di tengah pandemi yang masih berlangsung dan menuju era new normal saat ini, layang layang kembali menjadi permainan yang cukup eksis. Bahkan tak hanya dimainkan oleh anak anak, orang dewasa pun turut memainkannya. Mungkin, bermain layang layang di tanah lapang menjadi pengobat rindu akan permainan di masa kecil dan juga sebagai refreshing setelah sekian lama harus beraktivitas di rumah saja.

Tak hanya dimainkan untuk mengisi waktu luang, permainan layang layang juga ada festivalnya. Salah satunya yaitu International Kite Festival (IKF) 2020 yang diadakan Tourism Corporation of Gujarat Limited, Pemerintah Negara Bagian Gujarat dan berlangsung dari 7 s/d 14 Januari 2020 lalu. Nah, berikut ini terdapat beberapa bentuk layang layang unik yang dimainkan di tengah pandemi dan cukup ramai di media sosial.

Wah, motor antik yang satu ini tak hanya berjalan di atas aspal, tetapi juga dikreasikan sehingga bisa terbang di angkasa, ya! Salah satu karakter kartun pun turut dikreasikan menjadi bentuk layang layang nih! Bagi kamu yang suka main layang layang, pastikan bermain di tanah lapang agar tidak membahayakan pengendara jalan dan juga orang lain.