3 Ide Membuat Kolam Renang Termurah Menurut Kontraktor Kolam Renang

Bukan rahasia lagi jika membuat kolam renang pribadi membutuhkan biaya tak sedikit. Kontraktor kolam renang bisa mendampingi Anda untuk memilih jenis kolam yang sesuai budget dan ekspektasi owner.

 

Adakah kolam renang yang murah pembuatannya? Tentu saja ada. Tetapi harga murah bukan melulu mengenai pembuatan, tetapi juga perawatan. Berikut adalah jenis kolam renang murah yang tidak murahan.

 

3 ide Membuat Kolam Renang Murah

 

Memilih kontraktor kolam renang untuk membuat kolam renang murah itu gampang-gampang susah. Oleh karena walau terlihat sederhana, kolam renang ternyata membutuhkan perawatan berkala yang tak kalah menyita biaya.

Kolam renang jenis apa saja yang termasuk kolam renang murah? Berikut ulasannya..

 

Kolam renang vinyl

Kolam renang Vinyl adalah yang termudah dan termurah dalam hal pembangunannya. Bahan Vinyl mudah dibentuk mengikuti permukaan kolam yang diinginkan. Sulit untuk retak dan pecah sehingga cukup tahan lama.

 

Ada tiga jenis dinding yang digunakan pada kolam renang berbahan Vinyl, yaitu steel wall, concrete wall, dan polymere wall. Dua yang pertama adalah yang paling populer. Kolam renang Vinyl juga bisa dibuat di dalam tanah (inground) atau di atas tanah, sehingga tak perlu menggali.

 

Biaya perawatan kolam renang Vinyl jauh lebih murah dari kolam renang konkrit. Caranya dengan memilih bahan yang terbaik sejak perencanaan. Kekurangan kolam Vinyl terletak pada tidak mudah direnovasi seperti kolam yang dibuat dari dengan bahan konkrit (cor/semen).

 

Kolam renang fiberglass

Kolam renang fiberglass juga disebut-sebut sebagai kolam renang murah, karena rendah biaya perawatan. Permukaannya tidak mudah ditumbuhi lumut dan lebih mudah dibersihkan. Fiberglass juga tidak keras seperti kolam berbahan konkrit.

 

Kelemahan kolam fiberglass terletak pada pembuatan awalnya yang harus dibentuk secara seksama sesuai keadaan tanah yang ada. Memindahkannya ke posisi yang diinginkan juga membutuhkan keahlian tersendiri dan memperhitungkan keadaan sekitar. Sehingga terkesan kurang praktis pada  proses pembuatannya.

 

Kolam renang konkrit

Dibanding dua kolam di atas, jenis klasik ini memang lebih mahal dalam pembuatan dan perawatan. Tetapi kelebihannya, kolam jenis ini akan mudah direnovasi atau disesuaikan dengan sekitarnya. 

Sudah tidak aneh jika dalam sepuluh atau dua puluh tahun, rumah akan direnovasi atau diperbaiki owner sesuai perubahan zaman atau perubahan pemilik. Maka merenovasi kolam sebagai bagian dari rumah tidak akan terlalu memakan biaya.

 

Kontraktor kolam renang bisa mengusulkan pada owner, mana kolam dengan biaya termurah dan terbaik bagi keadaan tanah dan budget yang ada. Jangan sampai menyesal karena salah memilih jenis yang paling sesuai dengan keinginan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *