3 Keutamaan Sholat Tahajud Bagi Fisik dan Rohani

 

Dalam menjalankan ibadah, umat islam bukannya diharuskan untuk memperhatikan ibadah wajib saja. Namun, dianjurkan untuk melaksanakan ibadah sunnah juga. Salah satu yang sering didengungkan adalah keutamaan sholat tahajud.

 

Keutamaan sholat tahajud bukan hanya sekedar melaksanakan ibadah saja atau menjaga rohani agar selalu dekat dengan Allah. Namun, juga memiliki manfaat yang luar biasa pada tubuh kita. Yakni, menjaga sistem pernafasan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Keutamaan Sholat Tahajud

Sholat tahajud sebenarnya bisa dilakukan kapan saja setelah ba’da isya. Hanya saja, lebih diutamakan jika Anda melakukannya di sepertiga malam. 

 

Sholat tahajud berbeda dengan sholat lain. Pada sholat tahajud, Anda diharuskan untuk tidur terlebih dahulu, baru mengerjakan sholat. Jika tidak didahului dengan tidur, maka sholat yang Anda kerjakan hanya sholat lail saja .

 

Adapun keutamaan sholat tahajud antara lain.

Amalan yang membawa ke syurga

Sholat tahajud dianggap mampu menambah amalan yang membawa pelaksananya ke syurga berdasarkan surat Az-Zariyat ayat 15 – 18. 

 

Berdasarkan surat ini, “Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa akan berada dalam taman-taman surga dan di mata air-mata air surga. Seraya mengambil apa yang Allah SWT berikan kepada mereka. Sebelumnya mereka telah berbuat baik sebelumnya (di dunia). Mereka adalah orang-orang yang sedikit tidur di waktu malam dan di akhir malam mereka memohon ampun kepada Allah.”

Penghapus dosa

Sholat tahajud menjadi sarana Anda dalam mendekatkan diri kepada Allah. Ibadah pada keheningan malam menjadikan seseorang menjadi lebih intens dan kyushu’. Apalagi, saat kita menanggalkan dunia sejenak dan hanya memfokuskan pada ibadah.

 

Menjalankan sholat tahajud, akan mampu membuat Anda rendah diri dan mencegah dari perbuatan dosa. Dosa-dosa kecil pun berguguran, seiring Anda melaksanakan gerakan sholat.

Doa dikabulkan

Anda memiliki hajat atau keinginan yang mendesak untuk dikabulkan? Cobalah lakukan sholat tahajud setiap malam. Memintalah dengan tulus dan khusyuk kepada Allah, niscaya Allah akan mengabulkan.

 

Hal ini sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW, “Rabb kita Tabaraka wa Ta’ala turun di setiap sepertiga malam terakhir dari langit ke bumi. Lalu Dia berfirman: “Barangsiapa yang memohon ampun kepadaKu, niscaya aku ampuni. Barang siapa yang memohon sesuatu kepadaKu, niscaya aku memberinya. Dan barangsiapa yang berdoa kepadaKu, niscaya Aku akan mengabulkannya.”” (HR. Bukhari)

 

Demikian keutamaan sholat tahajud yang memiliki manfaat besar baik fisik dan rohani Anda. Semoga bermanfaat.