6 Bahaya Konsumsi Teh Berlebihan, Bisa Picu Cemas dan Stres

Bahaya konsumsi teh berlebihan, ternyata memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Hal tersebut, disebabkan karena teh juga memiliki kandungan kafein yang kurang baik untuk tubuh jika dikonsumsi berlebihan.

Kebiasaan minum teh memang cukup melekat erat dengan masyarakat Indonesia. Teh adalah minuman yang cocok diminum kapan pun, entah pada pagi, siang, atau sore hari. Jika dikonsumsi dengan takaran yang sesuai, teh juga akan memberikan efek yang baik untuk tubuh.

Namun, jika terlalu banyak minum teh justru berisiko menimbulkan beberapa efek buruk yang tidak bisa disepelekan. Lantas, apa sajakah bahaya konsumsi teh secara berlebihan? Berikut Enam Bahayanya :

Picu Cemas dan Stres

Seperti yang kita ketahui, teh juga memiliki kandungan kafein di dalamnya. Terlalu banyak mengonsumsi kafein yang berasal dari teh, juga akan menyebabkan rasa cemas berlebih, stres, hingga sulit beristirahat.

Menurut beberapa penelitian, disebut jika mengonsumsi 200 miligram kafein setiap hari, bisa menyebabkan seseorang merasa cemas berlebih, terutama bagi mereka yang sensitif.

Biasanya, dalam satu cangkir teh mengandung 11 sampai 61 miligram kafein. Namun, angka tersebut tergantung pada jenis teh dan cara mengolahnya.

Buat Kualitas Tidur Buruk

Sebab, kandungan kafein pada teh dapat membatasi produksi hormon melatonin, yakni hormon yang bisa memberikan sinyak pada otak untuk merasa mengantuk dan tertidur.

Kualitas tidur yang buruk, jika terjadi secara terus menerus tentu akan merembet ke banyak hal negatif. Seperti kelelahan, daya ingat menurun, tidak fokus, sehingga membuat produktivitas harian menurun.

Mual

Minum teh dalam kondisi perut yang kosong secara berlebihan ternyata juga bisa menimbulkan rasa mual. Kandungan tannin dalam teh bisa menyebabkan iritasi pada pencernaan.

Konsekuensinya, perut bisa terasa nyeri hingga mual. Seberapa berdampaknya teh pada pencernaan seseorang bergantung pada sensitivitas masing-masing. Ada yang merasa mual hanya dengan mengonsumsi 1-2 cangkir, ada pula yang baru merasa mual setelah mengonsumsi 5 cangkir.

Sakit Kepala

Meminum teh berlebihan, ternyata juga bisa menyebabkan sakit kepala karena kandungan kafein di dalamnya. Sebab, setiap orang memiliki toleransi yang berbeda-beda terhadap asupan kafein yang bisa membuat sakit kepala. Apabila Anda merasakan sakit kepala berkepanjangan dan kerap terjadi usai minum teh, coba kurangi konsumsi dan lihat perubahannya.

Komplikasi saat Kehamilan

Bagi ibu hamil, Anda ternyata juga perlu membatasi konsumsi teh secara berlebihan. Sebab, hal tersebut dikhawatirkan akan menyebabkan komplikasi kehamilan. Adapun risiko yang mungkin terjadi ialah keguguran ataupun bayi lahir dengan berat badan rendah.

Hingga kini, memang masih belum ada data pasti berapa konsumsi teh yang aman bagi ibu hamil. Namun, alangkah baiknya jika Anda penikmat teh sebaiknya melakukan konsultasi kepada dokter terlebih dahulu.

Ketergantungan pada Kafein

Kafein merupakan stimulan yang membentuk kebiasaan seseorang, dan konsumsi teh berlebih setiap harinya bisa menyebabkan ketergantungan. Bahkan pada mereka yang sudah kecanduan kafein, tidak mengonsumsi teh bisa menyebabkan sakit kepala, detak jantung meningkat, hingga merasa lemas. Maka, Anda harus memberikan takaran yang wajar jika mengonsumsi teh untuk sehari-hari.