Cara Membuat Lampion Imlek, Simak Sejarah dan Makna Lampion Merah Saat Perayaan Tahun Baru Imlek

Tahun baru Imlek kali ini jatuh pada tanggal 25 Januari 2020. Imlek menjadi hari yang spesial bagi masyarakat Tionghoa yang merayakan tahun baru China. Imlek biasanya dirayakan dengan berbagai hal yang khas dengan kemeriahan Tahun Baru Imlek.

Satu diantaranya adalah saat perayaan Imlek Lampion berwarna merah hampir selalu kita temui di banyak tempat sebagai pertanda kemeriahan peryaaan Imlek. Tahukah Anda, Lampion berwarna merah ini memiliki arti dan makna tersendiri saat perayaan Imlek. Dilansir dari , Lampion ini terbuat dari kertas yang melingkari sumber api, biasanya sebagai sumber pencahayaan.

Cahaya yang dihasilkan memang tidak terlalu terang, sebab biasanya warna yang digunakan adalah warna merah. Kertas yang melingkar ini berfungsi menjaga sumber api agar tidak mati tertiup api disekitarnya. Lampion ini ternyata dijadikan sebagai aspek pelengkap upacara keagamaan terutama saat Imlek.

Ternyata dalam legenda Tionghoa, Lampion dimaksudkan untuk mengusir atau menjauhkan pemilik rumah dari segala keburukan. Lampion gantung adalah lampion yang paling banyak dipilih untuk menghiasi rumah rumah saat perayaan Imlek. Bagi beberapa orang lampion ini dimaknai sebagai simbol status sosial oleh keluarga etnis Tionghoa.

Karena semakin mewah dan bagusnya lampion, maka menandakan bahwa sang pemilik rumah berasal dari kalangan atas. Bagi Anda yang merayakan Imlek, Anda bisa memasang lampion lampion yang digantungkan di rumah Anda. 1. Siapkan kertas berbentuk persegi panjang sesuai kebutuhanmu, biasanya yang paling sering digunakan adalah warna merah maka gunakan warna merah.

2. Ambil selembar kertas dan lipat menjadi dua memanjang, itu bisa dari berbagai ukuran dan berat. 3. Kemudian buat garis garis pada kertas dengan jarak yang sama. 4. Lalu gunting pada setiap garis yang sudah Anda buat sebelumnya, potong sepanjang tepi yang terlipat, tetapi tidak sampai ke ujung.

5. Jangan lupa untuk sisakan 1 cm hingga 2 cm pada bagian ujung. 6. Kemudian buka lipatan kertas yang sudah selesai Anda gunting tadi. 7. Ambil kedua ujung kertas dan bungkus untuk membuat bentuk tabung bundar.

8. Kemudian setelah terbentuk seperti lampion, jangan lupa buat pegangan lampion yang telah Anda buat. 9. Anda bisa membuat pegangan dari tali, kertas atau yang sesuai dengan keinginan Anda. 10. Kemudian pasang pegangan lampion pada bagian rangka lampion yang sudah jadi tersebut.

11. Untuk memberikan pencahayaannya, anda bisa membuat dari kertas tebal yang di bentuk melingkar sesuaikan dengan bagian bawah bagan atau rangka lampion yang telah Anda buat sebelumnya. 12. Kemudian Anda tinggal menambahkan pencahayaan seperti lampu kecil di dalamnya yang Anda rekatkan dengan rangka lampion. Sangat mudah untuk membuat lampion sendiri di rumah, Anda bisa membuatnya sesuai dengan yang Anda inginkan.

Anda juga bisa menambahkan tulisan tulisan dari bahasa mandarin sebagai hiasan lampion Anda. Untuk menyambut hari yang spesial ini pastinya, Anda harus menyiapkan ucapan untuk dibagikan di berbagai sosial media Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *