5 Cara Meredakan Sakit Tenggorokan, dari Kumur Air Perasan Lemon hingga Mandi Air Hangat

–Sakit tenggorokanbisa terjadi kapan saja. Saat sakit tengorokan terjadi, rasanya akan sulit untuk menelan makanan dan minuman. Sakit tenggorokanbisa disebabkan oleh virus, radang yang disebabkan oleh bakteri, atau alergi.

Rasa sakit di tenggorokan ini membuat tidak nyaman dan gatal. Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk membantu meredakansakit tenggorokan, nih. Yuk, coba di rumah! Berkumur dengan air garam hangat bisa membantu meredakan nyeri dan rasa panassakit tenggorokan.

Dilansir dariHealth, beberapa penelitian menemukan bahwa berkumur air garam beberapa kali sehari dapat mengurangi bengkak di tenggorokan dan mencairkan lendir, serta membantu membilas bakteri dan berbagai penyebab iritasi sehingga dapat meringankan ketidaknyamanan kita saat menelan. Kalau tidak menyukai rasa asin karena berkumur dengan air garam, bisa tambahkan madu dalam larutan air garam itu, ya. Jika mengalami sakit tenggorokan, kamu perlu lebih banyak cairan untuk bisa meringankan rasa sakitnya.

Menjaga asupan cairan tubuh adalah bagian penting dari pengobatan sakit tenggorokan. Ketika kita kekurangan cairan, tubuh tidak dapat menghasilkan cukup air liur dan lendir untuk menjaga tenggorokan tetap lembap, nih. Hal ini akan menyebabkan pembengkakan dan membuat peradangan semakin memburuk.

Kamubisa rajin minum air putih atau teh hangat. Makanan dengan cairan seperti sup juga bisa membantu menelan lebih nyaman. Kandungan sodium dari sup ayam hangat juga bisa membantu anti peradangan.

Beberapa permen pelega tenggorokan yang banyak dijual mengandung ekstrak menthol, peppermint, atau eukaliptus. Bahan bahan itu bisa memberikan efek sejuk dan mati rasa sejenak pada jaringan tenggorokan. Bahan itu juga mengandung properti anti peradangan, antibakteri, dan antivirus yang dapat mendorong proses penyembuhan sakit tenggorokan.

Ini bisa membantu melegakan tenggorokan kita untuk sementara saat benar benar gatal. Kandungan astringen yang terdapat dalam air perasan lemon dapat membantu mengempiskan pembengkakan pada jaringan tenggorokan dan menciptakan lingkungan asam yang dapat mematikan virus dan bakteri penyebab iritasi. Kita bisa menggunakan air perasan lemon ini untuk berkumur selama beberapa detik.

Menghirup udara lembap dapat membantu meringankan pembengkakan akibat radang tenggorokan, sekaligus juga mengatasi hidung mampet. Untuk sementara, ganti air dingin yang biasa teman teman gunakan saat mandi dengan air hangat, atau teman teman bisa mengisi sebuah mangkuk besar dengan air hangat dan menghirup udara dari uap air hangat itu, teman teman. Tarik napas dalam dalam selama beberapa menit dan terus ulangi selama beberapa saat untuk meringankan rasa sakit tenggorokan.

Jangan lupa hati hati dengan air hangat yangkamu gunakan,. Jika masih terlalu panas, tunggu sebentar atau tambahkan air dingin pada air itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *