Kenali Ciri- ciri Keputihan yang Normal dan Abnormal

Banyak dari para wanita yang merasa sangat khawatir begitu mereka mengetahui bahwa mereka mengeluarkan cairan dari vagina berwarna putih. Karena banyak yang mengatakan bahwa keputihan adalah salah satu tanda infeksi atau bahkan tanda dari kanker serviks.

Tentu hal itu tidak sepenuhnya salah. Namun, ada dalam kebanyakan kasus dari para wanita yang mengalami gejala keputihan sebenarnya hal itu bisa sangat normal, dan hampir semua wanita pernah mengalaminya.  

Keputihan Adalah?

Keputihan adalah suatu gejala pada kewanitaan wanita yang dikenal dengan sebutan leukorrhea. Suatu cairan berwarna putih yang yang keluar dari vagina. Ini ternyata sangat normal dan bisa saja terjadi pada semua wanita.  

Fungsinya yang pasti untuk bisa menjaga vagina tetap bersih dan juga sehat. Lendir putih ini juga ternyata bisa digunakan sebagai suatu pelumas vagina alami, dan juga berperan untuk melindungi vagina dari infeksi dan iritasi. 

Keputihan sendiri biasanya bisa dipengaruhi oleh adanya siklus menstruasi. Cairan ini bisa jadi bisa keluar lebih banyak dari pada hari-hari biasanya, atau bisa jadi ada sedikit atau bahkan tidak ada cairan sama sekali. 

Warna dan juga tekstur dari pada keputihan ini dapat sangat bervariasi sepanjang dari siklus pada menstruasi, dari warna yang bening dan tekstur yang berair hingga berwarna putih dan tekstur yang lengket. 

Meskipun demikian, perubahan padan keputihan yang ternyata tidak normal (abnormal) juga bisa menjadi suatu tanda dari penyakit tertentu. Kondisi ini biasanya akan memerlukan perhatian medis untuk mengidentifikasi lebih lanjut. 

Apa Saja Gejala Keputihan Itu?

Seperti yang sudah disebutkan di atas, perubahan dari keputihan yang tidak biasa atau tidak normal dapat menjadi suatu tanda dari kondisi medis tertentu pada seorang wanita.  Oleh karena itu, penting sekali bagi semua wanita untuk mengetahui gejala keputihan mana yang normal dan mana yang tidak normal. 

Untuk informasi lebih lanjut, Berikut akan kami tunjukkan kepada Anda semua berbagai tanda dan juga gejala keputihan yang tergantung pada jenis – jenisnya.  

Keputihan normal 

Keputihan yang normal biasanya memiliki ciri-ciri sebagai berikut: 

  • Tidak adanya bau dari cairan yang kuat, amis, dan bau tak sedap serta dekomposisi. 
  • Berwarna putih susu bening atau bahkan transparan. 
  • Teksturnya sanagt lengket dan juga kental, tetapi bisa saja berair, sangat licin, dan bahkan bisa basah.  
  • Muncul pada beberapa hari di saat siklus menstruasi, tepat pada waktu ovulasi atau pada masa – masa subur wanita, dan menjadi sangat berat dengan tekstur licin dan juga lembab. 

Gejala keputihan atau cairan dengan nama leukorrhea ini juga umumnya akan dapat keluar lebih banyak selama pada masa kehamilan, saat menyusui, saat sedang aktif secara seksual, dan atau jika Anda menggunakan alat untuk kontrasepsi. 

Gejala keputihan tidak normal 

  • Berikut adalah beberapa tanda keputihan abnormal dan gejala terkait lainnya. 
  • Berubah warna cairan menjadi kuning, kehijauan, abu-abu, atau atau warna seperti nanah.
  • Keputihan dengan bau yang sangat menyengat, amis, busuk.
  • Tekstur cairan lebih kental, dapat berbusa, atau bahkan seperti keju cottage.  
  • Keluarnya cairan dengan darah non-menstruasi. 
  • Vagina terasa gatal, terbakar atau kemerahan.  
  • Nyeri pada panggul.  
  • Lebih cair dari pada biasanya. 
  • Merasakan nyeri saat buang air kecil 
  • Pendarahan setelah atau selama hubungan seksual selama siklus menstruasi. 

Jika Anda mungkin mengalami tanda dan gejala keputihan tidak normal seperti yang sudah tercantum di atas. Anda bisa menghubungi dokter pribadi, jika khawatir tentang gejala tertentu untuk lebih memastikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.