Mau Sewa Bus Pariwisata, Ketahui Jenis Bus Agar Tidak salah Memilih

Sebelum memutuskan untuk melakukan sewa bus pariwisata. Ada berbagai hal yang harus dilakukan, salah satunya adalah memilih bus yang sesuai dengan jumlah peserta. Perlu diketahui bahwa ada beberapa jenis bus yang disewakan.

Jenis Bus Pariwisata

Tidak sembarang jenis bus pariwisata untuk disewakan. Semuanya tergantung pada jumlah kuota peserta. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk pergi ke agen travel bus pariwisata. Ketahui beberapa jenis sewa bus pariwisata.

Big bus

Merupakan salah satu jenis busĀ  yang ukurannya paling besar. Jenis bus ini sangat cocok yang membawa rombongan besar. Big bus ini memiliki berbagai macam tipe, diantaranya adalah.

  • Normal Deck atau Bus non HD

Bus ini memiliki ukuran dengan ukuran tinggi 3000 sampai 3300 mm. Sedangkan kapasitas penumpangnya terdiri atas dua macam, yaitu 50 orang dengan posisi duduk 2-2, dan 60 orang dengan posisi duduk 2-3 orang. Jenis bus ini sudah menjadi langka, karena keluaran bus sebelum tahun 2009. Ada Ciri khusus pada bus ini, yaitu terdapat gundukan di belakang kursi supirnya.

  • Bus high deck

Bus jenis ini memiliki ukuran lebih tinggi dari pada jenis normal deck, yaitu sekitar 3500 mm. sedangkan kapasitas penumpangnya sama dengan yang normal deck. Perbedaannya adalah tempat duduk supir lebih rendah dibandingkan kursi penumpang.

  • Bus super high deck

Bus jenis ini masih banyak digunakan di Indonesia. Tinggi bus ini lumayan tinggi, yaitu sekitar 3700 sampai 3900 mm dan panjangnya 12000 mm. ciri khas dari bus ini adalah kaca depannya yang memakai kaca ganda dengan sekat pembatas. Jika menginginkan bagasi yang luas, maka jenis bus ini sangat tepat. Karena memiliki bagasi yang cukup luas, bahkan sepeda motor bisa masuk.

Medium bus

Medium bus sering disebut dengan bus tiga per empat. Jika ingin menyewa bus dengan kapasitas sedang maka jenis bus ini sangat tepat. Kapasitas ukuran penumpangnya adalah 25, 27, 29, dan 31, dengan konfigurasi seat penumpangnya adalah 2-2.

Mini Bus

Ada dua macam jenis mini bus, yaitu Elf Long dan Elf Short. Sedangkan kapasitas penumpangnya berbeda, untuk Elf Long sekitar 16-19 dan Elf Short sekitar 13-15 penumpang. Kedua jenis mini bus tersebut memiliki tampilan yang modern dan sederhana. Namun eksterior, interior, dan dimensinya berbeda.

Itulah 3 jenis bus yang sering disewakan di rental. Sebelum memutuskan untuk sewa bus pariwisata, ada baiknya mengetahui jumlah penumpangnya agar menyesuaikan dengan kapasitas bus. Jangan sampai kelebihan atau lebih parah lagi kekurangan tempat duduk. Sehingga mengurangi kenyamanan dan kesenangan ketika berwisata bersama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *