Tips Anti Kebas Kesemutan Pada Kaki dan Tangan

Setiap dari Anda tentunya pernah mengalami kebas kesemutan di bagian kaki maupun tangan. Perbedaan dengan kebas atau mati rasa, sensasi kesemutan yang lebih mirip seperti ditusuk jarum ataupun seolah Anda digerayangi segerombolan semut. Hal itu tentunya akan sangat tidak nyaman lagi terlebih ketika Anda tengah beraktifitas.

Umumnya kesemutan terjadi ketika tubuh Anda tengah berada dalam posisi tertentu dalam waktu yang relatif lama. Lalu kira-kira adakah cara anti kebas kesemutan yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut? Untuk mengetahuinya, maka Anda perlu membaca ulasan di bawah ini.

Bagaimana Tips Mengatasi Kebas Kesemutan Pada Kaki dan Tangan?

Aktif Bergerak

Seperti yang telah dijelaskan, kebas dan kesemutan memang timbul setelah seseorang berada dalam posisi yang sama terlalu lama. Oleh karena itu, cara Anda untuk mengatasi dan mencegah terjadinya kebas dan juga kesemutan yaitu dengan aktif bergerak.

Saat Anda berdiri, duduk maupun berbaring, usahakan untuk mengganti posisi secara teratur agar sirkulasi udara tetap lancar. Dengan begitu nantinya Andapun bisa terhindar dari masalah kesemutan, baik itu pada kaki maupun tangan.

Perbaiki Postur Tubuh Anda

Postur tubuh yang keliru tidak hanya akan mengakibatkan terhambatnya peredaran darah, namun hal tersebut juga bisa menyebabkan sakit punggung serta sensasi kesemutan di bagian kandung kemih ataupun perut. Jadi penting bagi Anda untuk segera memperbaiki posisi tubuh supaya bisa tetap tegak, baik ketika duduk menghadap komputer ataupun ketika Anda menonton televisi.

Yoga dan Fisioterapi

Rutin berolahraga Yoga akan membuat Anda mencegah sekaligus mengatasi kesemutan serta kebas di bagian kaki dan tangan. Melakukan yoga atau fisioterapi tidak hanya menenangkan tubuh dan pikiran saja, namun hal itu juga akan memperlancar sirkulasi darah.

Istirahat yang Cukup

Terus menerus beraktivitas tanpa henti hal itu hanya akan membuat lengan dan kaki Anda mudah sekali mengalami kesemutan. Karena itu, cara terbaik untuk bisa meredakannya yaitu dengan Anda beristirahat dan berbaring sejenak.

Hindari Kafein

Tahukah Anda mengonsumsi kafein akan membuat tubuh jadi dehidrasi, serta hal itu akan membuat sirkulasi darah terhambat. Maka dari itulah, sebaiknya Anda perlu mengurangi asupan kafein agar bisa mengatasi kesemutan pada kaki dan juga tangan.

Konsumsi Vitamin B Kompleks

Untuk Anda yang sering kali mengeluhkan masalah kebas atau kesemutan, maka salah satu solusi yang bisa dilakukan yaitu mengkonsumsi vitamin B kompleks. Saat seseorang kekurangan vitamin B12, maka hal itu akan mengakibatkan kesemutan serta mati rasa. Namun sebelum Anda mengonsumsinya, maka konsultasikan terlebih dahulu dengan seorang dokter.

Memperbanyak Asupan Magnesium

Magnesium adalah mineral yang sangat penting dan tidak hanya mampu mengatasi insomnia saja. Namun magnesium juga mampu mengatasi sistem kardiovaskular dan gangguan saraf. Selain melalui suplemen Anda dapat meningkatkan kebutuhan magnesium tersebut melalui makanan, seperti gandum utuh, kacang-kacangan, biji-bijian serta sayuran hijau.

Kontrol Kadar Gula Darah

Penyakit diabetes juga bisa menjadi salah satu penyebab mengapa Anda sering kali mengalami kebas kesemutan. Kondisi tersebut dikenal juga dengan nama neuropathy diabetic yang menyebabkan jari-jari pada kaki dan tangan Anda sakit kesemutan oleh karena kerusakan pada saraf tepi. Supaya nantinya kondisi tersebut tidak memburuk, maka Anda bisa memilih makanan yang dapat menjaga kadar gula darah tetap rendah.

Batasi Mengkonsumsi Alkohol

Berbagai studi menunjukkan bahwasanya alkohol juga bisa mengakibatkan kesemutan ataupun kebas. Maka dari itulah, Anda penting untuk membatasi asupan alkohol atau sebaiknya Anda hindari untuk mengatasi kesemutan di bagian kaki dan tangan.

Untuk informasi lebih jauh Anda bisa membaca ulasan tentang MyTrueHero, Neuropati, Tips Ngerti, Saraf Sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.