Yuk, Intip Ritual Persalinan dari Beberapa Negara!

Berbagai budaya di dunia turut memberikan warna dalam tradisi dan cara hidup dimana orang tersebut berada. Salah satu budaya yang memengaruhi tradisi hidup adalah ritual persalinan. Di Indonesia sendiri, ada beberapa ritual dan kebiasaan yang dilakukan selama masa kehamilan dan setelah kelahiran. Contohnya adalah ketika melahirkan, baik di rumah sakit persiapan persalinan atau di bidan pasti akan ditemani suami atau ibu kandung. Lalu setelah melahirkan pun ada beberapa tradisi seperti tidak boleh keluar rumah selama 45 hari atau menggunakan stagen dan meminum jamu-jamuan untuk mengembalikan kondisi ibu pasca melahirkan. Lalu kira-kira bagaimana dengan tradisi dari negara lain ya? Yuk, kita simak ulasannya bersama.

1. Belanda

Calon ibu dari Negara Kincir Angin ini ternyata lebih nyaman melahirkan di rumah. Di Eropa sendiri, Belanda ternyata penyumbang pelaku homebirth tertinggi di Eropa. Uniknya, sang ibu nanti akan di dampingi oleh perawat yang akan membantunya dalam mengurus anak pasca melahirkan dan tidak hanya itu, sang perawat juga akan membantu pekerjaan rumah dari sang ibu dan umumnya perawat akan tinggal selama 10 hari di rumah setelah ibu melahirkan.

2. Jerman

Biasanya di Indonesia, bayi yang baru lahir akan dibersihkan dan dibalut dengan selimut. Tidak dengan bayi yang lahir di Munich, Jerman yang setelah dilahirkan akan langsung dibungkus dengan kemeja sang ayah sebelum diserahkan ke ibunya. Hal ini dilakukan agar sang bayi tidak hanya merasakan ikatan dengan sang ibu, namun juga dengan sang ayah.

3. Finlandia

Di Indonesia yang memiliki iklim tropis dan memiliki dua cuaca yaitu panas dan hujan, maka biasanya ketika proses melahirkan baik di rumah sakit ataupun di bidan biasanya tetap menggunakan pendingin ruangan yang suhunya disesuaikan dengan keadaan cuaca. Kalau di Finlandia yang memiliki suhu udara yang rendah, maka menggunakan pendingin udara ketika melahirkan justru menjadi tidak nyaman. Jadi, para calon ibu pasti biasanya akan melahirkan di sauna di mana memiliki suhu yang hangat dan akan membuat nyaman para calon ibu dan membuat konsentrasi ketika melahirkan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.