Home » Kesehatan » Vaksin Covid Telah Resmi Didatangkan di Indonesia, Begini Cara Mendapatkannya

Vaksin Covid Telah Resmi Didatangkan di Indonesia, Begini Cara Mendapatkannya

Akhirnya masyarakat Indonesia didatangkan kabar gembira mengenai perkembangan vaksin covid-19. Seperti yang diketahui akhir-akhir ini perkembangan vaksin virus vorona telah menjadi topik perbincangan karena beberapa waktu yang lalu vaksin Covid-19 buatan perusahaan Sinovac Biotech telah tiba di Indonesia. Apakah Anda siap untuk menerima vaksinasi ini? Lantas bagaimana cara mendapatkan vaksin covid di Indonesia?

Setelah melewati fase kritis, akhirnya vaksin untuk menangkal virus covid pun ditemukan. Kita bisa melihat beberapa negara berlomba-lomba untuk menemukan vaksin corona, alhasil setelah melewati waktu yang cukup panjang sebuah perusahaan dari China telah menemukan vaksin covid yang dikabarkan cukup ampuh untuk memperkuat antibodi tubuh manusia demi melawan virus covid-19.

Di Indonesia sendiri sebuah perusahaan farmasi PT Bio Farma telah merencanakan vaksinasi covid-19 agar secepatnya dapat diberikan kepada masyarakat setelah mendapatkan persetujuan penggunaan darurat oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan atau yang disingkat BPOM.

Vaksin covid yang telah ada saat ini belum dapat diberikan kepada masyarakat berhubung izin penggunaan darurat (Emergency Use Authorization/EUA) baru bisa didapatkan pada minggu ketiga bulan januari 2021, karena pihak dari Bio Farma masih harus melengkapi data yang dibutuhkan untuk EUA. Kabarnya vaksinasi Covid-19 ini nantinya akan diberikan pada awal februari 2021 mendatang.

Cara Mendapatkan Vaksin Covid-19

Sebelum vaksin covid secara resmi diberikan kepada masyarakat, sebaiknya Anda tau sejak dini bagaimana cara mendapatkan vaksin tersebut. Sejumlah rumah sakit swasta yang ada di Indonesia, seperti Rumah Sakit Bunda Group telah membuka pendaftaran layanan vaksinasi melalui situs resmi serta akun media sosialnya.

Masyarakat yang menjadi prioritas untuk mendapatkan vaksinasi gratis atau dari pemerintah yaitu anggota TNI/Polri, tenaga kesehatan, dan penegak protokol kesehatan. Di luar dari itu masyarakat diharapkan bisa mendapatkan vaksin secara mandiri.

Apa Saja yang Perlu Disiapkan untuk Pendaftaran Vaksinasi?

Bagi calon pendaftar vaksinasi, ada beberapa data yang perlu disiapkan yakni nomor KTP, nomor hp, nama lengkap, tempat tanggal lahir, alamat lengkap, jenis kelamin, status pekerjaan, status perkawinan, foto KTP (optional), nomor kartu keluarga.

Jadi bagi yang sudah mendaftarkan diri untuk mendapatkan vaksinasi, nantinya akan dihubungi jika waktu pelaksanaannya sudah jelas. Menurut pemerintah Indonesia, ada dua jenis klasifikasi jenis vaksinasi covid-19, yaitu vaksin mandiri (dibayar sendiri) dan vaksin pemerintah (dibayarkan menggunakan dana pemerintah).

Jadi untuk mendapatkan vaksin covid, masyarakat harus melalui empat tahap yaitu pendaftaran vaksin, lalu layanan vaksinasi, kemudian reporting dan integration. Tidak berhenti di situ saja, seseorang yang telah melewati empat tahap itu, harus mendapatkan verifikasi dan pengambilan keputusan lanjutan.

Di tahap ini masyarakat yang telah mendapatkan suntik vaksin akan terus dipantau sejak setelah mendapatkan vaksinasi. Hal ini dimaksudkan agar pihak pemberi vaksinasi dapat mengkonfirmasi proses-proses yang sebelumnya telah dilakukan serta dapat lebih menjamin kualitas dan layanan vaksinasi.

Karena masih dalam tahap perkembangan, maka dari itu masyarakat yang ingin mendapatkan vaksinasi harus terus memantau informasi yang ada. Nah buat Anda yang ingin mendapatkan informasi vaksin covid 19 terbaru, tidak perlu repot-repot karena Halodoc terus memberikan update vaksin covid hari ini. Halodoc merupakan aplikasi kesehatan yang berisikan informasi, berita dan tips kesehatan.

Tidak hanya itu di Halodoc Anda juga bisa melakukan konsultasi dengan dokter via chat atau voice/video call. Jadi tidak perlu ke tempat praktek dokter langsung, Anda bisa melakukan konsultasi dengan dokter ahli secara online sesuai dengan keluhan kesehatan Anda. Dapatkan banyak manfaat sekaligus hanya dengan satu aplikasi. Yuk download sekarang!

About

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *