Obat Sakit Gigi Untuk Anak 5 Tahun

Salah satu hal yang mengkhawatirkan bagi orang tua adalah ketika si kecil mengalami sakit, utamanya sakit gigi yang membuat anak menangis dan menjadi rewel.

Untuk itu para orang tua mencari berbagai cara yang dapat menyembuhkan penyakit tersebut, mulai dari menggunakan obat obat tradisional sampai berobat pada dokter gigi secara langsung.

Bagaimanapun, sakit gigi pada anak disebabkan oleh berbagai faktor tertentu seperti misalnya gigi yang tidak dijaga dengan baik yang menyebabkan gigi berlobang, pembusukan gigi ataupun pertumbuhan gigi baru yang bentrok dengan gigi lain.

Adapun, ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi sakit gigi pada anak. Berikut ini adalah artikel penyebab sakit gigi pada anak dan daftar beberapa obat sakit gigi untuk anak 5 tahun.

Penyebab Sakit Gigi Pada Anak

Sebelum melakukan pengobatan, ada baiknya anda mengetahui beberapa hal yang menyebabkan terjadinya sakit gigi pada anak:

1. Pertumbuhan Gigi Baru

Gigi baru biasanya tumbuh pada anak-anak dalam usia pertumbuhan, ini adalah hal yang wajar atau sudah biasa terjadi.

Pertumbuhan gigi baru biasanya menyebabkan sakit karena sobekan pada gusi atau gigi lama yang tanggal. Hal ini tentu saja menyebabkan anak merasa kesakitan dan ngilu pada bagian giginya.

2. Gigi Berlubang

Bagi anak-anak mengkonsumsi makanan manis seperti cokelat, kue tart, permen, minuman berpemanis dan lain sebagainya merupakan sebuah kesenangan tersendiri.

Namun, tanpa anda sadari itu bisa berbahaya jika dikonsumsi terlalu sering, apalagi jika anda tidak bisa mengarahkan anak untuk melakukan gosok gigi secara rutin.

Sisa-sisa makanan pada mulut dapat menyababkan penumpukan bakteri pada mulut dan gigi sehingga nantinya bisa menyebabkan gigi menjadi berwarna kuning ataupun gigi berlubang. Jika gigi sudah berlubang biasanya itu akan mengeluarkan efek rasa sakit tertentu pada anak anda.

3. Gusi Bengkak

Selain gusi bengkak, sisa sisa makanan yang tidak dibersihkan dengan baik di mulut dapat menyebabkan bengkaknya gigi karena infeksi bakteri pada gusi.

Pada kasus tertentu, gusi bengkak bisa menyebabkan pipi menjadi bengkak. Ini menyebabkan anak menjadi susah menelan makanan dan merasakan sakit yang hebat pada bagian gusi dan pipinya. Selain itu, gusi bengkak biasanya juga disertai dengan deman pada anak. So, anda harus memperhatikan kebersihan gigi anak agar hal-hal semacam ini tidak terjadi pada anak anda.

Obat Sakit Gigi Untuk Anak

Salah satu hal yang harus diketahu oleh para orang tua adalah obat-obat yang ampuh untuk menghilangkan atau meredakan sakit gigi pada anak. Ada jenis jenis obat yang dapat digunakan sebagai pengobatan sakit gigi anak. Diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Parasetamol

Parasetamol atau biasa ditulis paracetamol sudah sangat populer di masyarakat, obat jenis ini dapat digunakan untuk meredakan nyeri pada bagian tubuh tertentu yang sakit seperti misalnya sakit nyeri gusi, demam, sakit kepala dan juga meriang.

Obat ini dijual bebas di apotek, jadi anda bisa langsung membelinya tanpa harus mempunyai resep dokter. Namun, anda tetap harus memperhatikan saran penggunaan pada obat tersebut, jika perlu tanya pada apoteker yang ada di apotek.

2. Ibuprofen

Selain paracetamol, jenis obat lain yang ampuh untuk meredakan sakit gigi pada anak adalah ibuprofen. Dalam ibuprofen terdapat kandungan zat yang dapat melakukan pencegahan pada peradangan pad tubuh.

Adapun, jika anak anda memiliki penyakit penyerta seperti asma, sebaiknya menghindari obat jenis ini atau berkonsultasi dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

3. Datang ke Dokter Gigi

Cara paling terampuh untuk mengobati sakit gigi pada anak tentu saja adalah mendatangi dokter gigi secara langsung. Biasanya dokter gigi yang menangani anak anda nanti akan membersihkan gigi anak dengan floss.

Dengan cara itu gigi anak dibersihkan untuk mengeluarkan sisa sisa makanan atau bakteri pada area area yang sulit dijangkau pada gigi. Ini dapat menghilangkan rasa sakit pada gigi anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.